D

DD
Headlines News :
Home » , » Maria Sharapova Tersandung Kasus Doping

Maria Sharapova Tersandung Kasus Doping

Written By Black Lord on Rabu, 16 Maret 2016 | 01.17.00


LOS ANGELES - Mantan petenis nomor satu dunia, Maria Sharapova mengungkapkan dirinya gagal tes doping di ajang Australia Terbuka lantaran mengkonsumsi meldonium. Sharapova mengaku tak mengetahui zat tersebut dilarang dalam olah raga. 

Meldonium adalah obat penambah stamina yang belakangan ini masuk dalam kategori terlarang digunakan di dunia olahraga. Lantaran masalah kesehatan, Sharapova mengkonsumsi obat tersebut sejak 2006. 

Sharapova yang menjuarai lima gelar grand slam mengatakan belum mengetahui sanksi yang akan dia hadapi dengan kondisi tersebut. Namun apa pun itu, dia mengaku siap menanggungnya. 

"Saya gagal tes (doping) dan bertanggung jawab penuh untuk itu. Selama 10 tahun saya menggunakan itu (meldonium) yang direkomendasikan oleh dokter saya, dokter keluarga saya," kata Sharapova dalam konfrensi persnya, dikutip BBC, Selasa (8/3/2016). 

"Beberapa hari lalu saya mendapat surat dari ITF. Perlu Anda ketahui, bahwa obat itu dalam 10 tahun terakhir tidak ada di dalam daftar terlarang WADA (badan anti-doping dunia) dan tidak dilarang dalam hukum olah raga," kata Sharapova.

"Tetapi pada 1 Januari (2016 -red), aturan tersebut telah berubah, meldonium menjadi zat terlarang dan saya tidak tahu hal itu. Sehingga pada grand slam (Australia Terbuka) saya dinyatakan gagal tes," lanjutnya. 

Ketidak-tahuan Sharapova terhadap perubahan daftar obat terlarang WADA diakui sebagai kesalahan dirinya sendiri. Pada 22 Desember 2015, Sharapova mendapat surel dari ITF terkait perubahan tersebut, namun luput dari perhatian petenis Rusia itu. "Saya tidak membuka link dari email yang masuk," katanya.

"Saya telah membuat kesalahan besar. Saya telah membiarkan fans saya kecewa, saya juga merusak hal yang paling saya cintai, sesuatu yang saya mulai sejak usia empat tahun. Saya benar-benar berharap diberikan kesempatan untuk tetap bermain," 

"Saya tahu, banyak dari Anda berpikir saya akan pensiun hari ini. Tapi jika saya akan mengumumkan pensiun, saya tidak akan memilih hotel di pusat kota Los Angeles dan karpet jelek ini," tutupnya.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. beritasederhanaterupdate - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger